Expert Opinion Polling: Bersuara Tentang Makanan Sehat

Seringkali kita mendengar soal isu PKL dan makanan sehat yang sepertinya tidak kunjung beres. Sehari-hari juga rasanya kita sering membahas soal masalah ini dalam pembicaraan santai atau ketika minum kopi. Katanya PKL memang tidak peduli makanan sehat, katanya jajan di trotoar adalah sumber penyakit, katanya banyak cara yang dilakukan tapi mereka tetap tidak peduli. Katanya.. katanya.. katanya.. Seberapa valid suatu masalah ketika dipandang hanya dari “katanya”?

Bagaimana jadinya kalau para pihak yang bersangkutan dikumpulkan dalam satu forum dan mengutarakan pandangan mereka soal isu tersebut? Bahkan bukan hanya pandangan, bisa jadi yang diungkapkan adalah fakta. Dalam hal ini, isu yang dibahas tentu mengenai makanan sehat untuk semua. Riset Indie mengadakan Expert Opinion Polling beberapa saat lalu. Di kesempatan ini, opini dari sejumlah ahli yang berkecimpung dalam bidang pangan diberikan ruang untuk bersuara. Dan ini adalah cerita rangkumannya.




Expert Opinion Polling tidak hanya dihadiri oleh pihak pemerintah seperti Dispangtan dan Dinkes saja. Disini beberapa pihak lain yang berkecimpung seperti para akademisi dari beberapa universitas seperti ITB, Poltekkes dan Unpad, para PKL dan komunitas terkait juga diberikan kesempatan untuk berbicara. Hasilnya? Banyak temuan yang diungkapkan agar program Food Lab bisa berjalan ke arah tujuannya. Bukan hanya mimpi bagi Food Lab, tapi sepertinya tujuan ini mimpi dari banyak orang: makanan sehat untuk semua.

Sekilas, seperti tujuan yang sangat idealis. Tapi, tujuan ini bukan hanya konsep semata, tapi kebutuhan yang memang diperlukan. Kata-kata “untuk semua” berarti setiap orang, terlepas dari status sosio-ekonomi, kesehatan, pendidikan atau apapun memiliki hak atas makanan layak dan sehat. Lupakan sejenak tentang healthy lifestyle yang sering didokumentasikan oleh para selebgram. Ini bukan perihal yoga dengan berbagai pose atau mendokumentasikan foto diet mayo setiap pagi. Makanan sehat juga bukan sekedar masalah diet water yang dimasukkan kedalam botol-botol cantik seperti akan ikut pameran. Makanan sehat lebih sederhana dari itu.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Lotek atau karedok yang diolah dengan benar serta dari bahan baku berkualitas tentu memenuhi syarat makanan sehat. Hal ini adalah contoh nyata bahwa makanan yang sering ditemui di pinggir jalan bukan berarti tidak sehat. Terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa beberapa PKL ternyata memang menyediakan makanan sehat. Penelitian ini dilakukan oleh tim Unpad terhaadap PKL yang menyediakan makanan di pabrik Kahatex, Rancaekek. Kebutuhan para buruh pabrik akan makanan sehat ternyata cukup terpenuhi. Temuan yang dikemukakan pada acara Expert Opinion Polling ini memberikan harapan bahwa PKL bisa menjadi sumber penyedia makanan sehat yang dibutuhkan masyarakat berpendapatan rendah.




Beberapa hal yang ditemukan dalam acara Expert Opinion Polling tentu hal-hal yang masih bisa dikembangkan. Melalui acara ini, tergambar mengenai kebutuhan masyarakat akan makanan sehat dan peran masing-masing stakeholder di dalamnya. Mau memandang dari sudut pandang orang lain dan membuktikan “katanya” dari sisi yang lebih objektif tentu akan membantu masalah ini. Tidak sekaligus menyelesaikan masalah memang, tetapi sedikit demi sedikit. Toh, semua masalah yang besar dimulai dari hal kecil. Kalau seperti ini, rasanya hal yang sama berlaku juga dalam menemukan solusinya!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Design Thinking di Kehidupan Sehari-hari

Cerita Tentang Ibu Dapur

Ragam Profesi Kuliner Indonesia: Dari Koki yang Tidak Ingin Dipanggil Koki Hingga Jurnalis Kuliner