Knowledge Café: Makan Diskusi, Minum Solusi

Selamat datang di Knowledge Café! Disini, semua orang bebas pesan tempat duduk favoritnya. Ingin mengajak teman? Boleh. Keluarga? Boleh. Orang yang baru ditemui di jalan? Boleh. Knowledge Café bebas dimasuki siapa saja. Menunya setiap hari ada diskusi dan juga solusi.
Belum akrab dengan istilah Knowledge Café? Merupakan metode diskusi terbuka dan santai yang mengundang multi-stakeholders. Disini, semua isu mengenai apapun bisa dibahas, tidak terkecuali seperti isu pangan. Para peserta yang mengikuti Knowledge Café akan dibagi kedalam beberapa kelompok kecil. Dalam durasi tertentu mereka akan berdisuksi dalam kelompok kecil tersebut. Ketika durasi sudah habis, masing-masing anggota akan berpindah meja dan berganti kelompok dengan peserta lain, namun masih membahas masalah yang sama.
Bandung Food Change Lab Exhibition & Talkshow mengadakan kegiatan Knowledge Café pada hari pertama. Disini, semua pihak terkait isu makanan sehat seperti para PKL, mahasiswa, ahli gizi, dokter serta pihak pemerintah. Diskusi yang bersifat multi-stakeholders seperti ini ternyata mendapat sambutan baik dari pesertanya. Beberapa peserta mahasiswa mengatakan bahwa Knowledge Café merupakan salah satu cara diskusi yang baik. Semua orang bisa berpartisipasi dan bisa menyampaikan sekaligus melihat sudut pandang secara lebih komprehensif.
Terbagi dalam 3 sesi, masing-masing sesi berdurasi sekitar 30 menit. Disana, para peserta mengemukakan hal apa saja yang menurut mereka menjadi masalah terkait isu makanan sehat dan PKL. Setelah itu, masing-masing peserta mencoba mencari solusi yang bisa mengatasi masalah tersebut.
Knowledge Café diakui para peserta menjadi pengalaman diskusi yang menyenangkan. Dari sesi terakhir kegiatan ini, salah seorang peserta yang bekerja di bidang kesehatan mengatakan bahwa sebaik-baiknya solusi yang diajukan, solusi yang berguna adalah yang bisa direalisasikan di kehidupan sehari-hari. Jadi, sudah siap untuk Knowledge Café berikutnya?

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Design Thinking di Kehidupan Sehari-hari

Cerita Tentang Ibu Dapur

Ragam Profesi Kuliner Indonesia: Dari Koki yang Tidak Ingin Dipanggil Koki Hingga Jurnalis Kuliner